Pemkot Gelar Vaksinasi Booster Perdana Bagi Lansia Dan Pra Lansia

oleh

PANGKALPINANG — Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang menggelar vaksinasi lanjutan atau booster dosis ketiga perdana, Rabu (12/01/2022), di Puskesmas Girimaya.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus M Hakim mengatakan kegiatan ini lebih memprioritaskan bagi kelompok lanjut usia dan pra lansia meliputi pelayan publik, ibu hamil, serta ibu menyusui yang rentan terpapar Covid-19.

“Untuk yang saat ini kita lebih prioritaskan kepada lansia. Tapi untuk minggu depan atau dua minggu lagi untuk pelayanan publik juga akan diprioritaskan,” ungkap dr. Hakim ketika dikonfirmasi media ini.

Dikatakannya, untuk jenis vaksin yang digunakan hari ini yakni Astrazeneca, terkecuali untuk ibu hamil atau ibu menyusui menggunakan vaksin jenis Sinovac.

“Untuk vaksin nya hari ini jenis Astrazeneca, Kecuali ibu hamil itu vaksin nya Sinovac. Kalau minggu depan juga vaksin nya sama, Astrazeneca,” ucap dr. Hakim.

“Kalau sasaran kita, semuanya lewat booster nanti. Kalau sekarang ini kan untuk yang sudah disuntik dosis kedua. Kalau untuk dosis pertama kan belum bisa disuntik,” lanjutnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang ini, pihaknya telah menyediakan sekitar 18 ribu dosis vaksin dari total yang dibutuhkan telah cukup untuk dilakukan vaksinasi lanjutan yang saat ini tengah digencarkan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang bahwa vaksinasi di Kota Pangkalpinang telah memenuhi kriteria dengan capaian sebesar 72 persen dari yang ditargetkan.

Hingga sampai hari ini, stok vaksin di Kota Pangkalpinang untuk jenis Sinovac sebanyak 21.564 dosis, Astrazeneca 17.130 dosis, PFizer 2.280 dosis, untuk Moderna stok masih kosong, Total keseluruhan 40.973 dosis. (Iqbal)