SD Muhammadiyah Toboali Dukung Percepatan Vaksinasi Anak

oleh

BANGKA SELATAN – SD Muhammadiyah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan mengadakan kegiatan vaksinasi untuk siswanya, Kamis (13/01/22). Dimana, dalam kegiatan tersebut, SD yang berlokasi di Jalan AMD, Teladan, Kecamatan Toboali, tersebut bekerjasama dengan Puskesmas dan Polres Bangka Selatan.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Toboali, Bangka Selatan, Syahrullah mengatakan Muhammadiyah selama ini terus mendukung pemerintah dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia remaja, dewasa, hingga lansia.

Oleh karenanya, saat program vaksinasi anak mulai digelar, SD Muhammadiyah Toboali, Bangka Selatan menyatakan kesiapannya mendukung program vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun tersebut.

“Alhamdullilah, dari 248 siswa, sebanyak 130 siswa telah di vaksinasi. Tetapi, tidak semua siswa diberikan vaksin Covid-19 di saat itu karena sebagian ada anak yang sudah disuntik vaksin Covid-19 sebelumnya,” ucapnya kepada Inpost.

Syahrullah menjelaskan, sebelum pelaksanaan vaksinasi, pihaknya melakukan sosialisasi kepada orangtua. Hal itu dilakukan karena sekolah menyadari bahwa orangtua memiliki peran penting dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi.

“Kesuksesan pelaksanaan vaksinasi anak tidak hanya menjadi tanggungjawab dari Dinas Pendidikan atau Dinas Kesehatan, tapi butuh peran aktif sekolah. Oleh karena itu, SD Muhammadiyah Toboali, Bangka Selatan mendukung pelaksanaan upaya percepatan vaksinasi Covid-19,” terangnya. 

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi melihat langsung pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok anak usia 6-11 tahun di SD Muhammadiyah Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Kegiatan vaksinasi ini dimaksudkan guna mempercepat penanganan serta pencegahan penularan virus Covid 19.  

Wakil Bupati menjelaskan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan pelaksaan vaksinasi anak ini secepat mungkin. Menurut dia, pemberian vaksinasi anak ini juga tetap berpedoman pada petunjuk teknis pemberian vaksinasi dimana kondisi kesehatan anak harus benar-benar dipastikan aman untuk menerima vaksin Covid 19.

“Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19 di kabupaten Bangka Selatan yang gelar di sekolah-sekolah tingkat Dasar merupakan tindak lanjut dari arahan langsung Presiden RI beberapa waktu yang lalu tentang pemberian vaksinasi Covid 19 bagi anak usia 6-11 tahun,” ujarnya. (Yusuf)