PANGKALPINANG – Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ferry Afriyanto, membuka Rapat Perencanaan Launching Program Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) di Ruang Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur Babel, Rabu (26/06/2024).
Dalam arahannya Fery Apriyanto mengatakan, Semarak Babel harus disukseskan guna peningkatan indeks kualitas lingkungan hidup melalui indeks kualitas tutupan lahan di Babel.
“Latar belakang dari kegiatan ini tentu dari inisiasi Penjabat Gubernur dalam rangka melestarikan lingkungan dan hutan di Provinsi Babel,” ujarnya.
Ferry juga mengatakan, untuk pelaksanaan penanaman serentak kemudian dikoordinasikan secara matang agar pelaksanaannya nanti dapat terlaksana dengan baik serta dapat memenuhi jumlah sebagaimana yang direncanakan.
“Jadi kalau kemarin disampaikan bahwa kita punya target gitu ya minimal bisa mencapai 1 juta pohon di tahun 2017, dan tentunya sampai saat ini kita sudah melakukan koordinasi penanaman bersama dari seluruh instansi,” beber dia.
Dijelaskannya, kegiatan Semarak Babel ini direncanakan dilakukan pada Kamis 18 Juli 2024 pada pukul 08.30 WIB dengan lokasi areal penanaman di setiap kabupaten/kota, namun secara seremoni terintegrasi melalui Zoom.
“Lokasi bisa diusulkan oleh UPT DLHK KPH/KPHL di tiap kabupaten/kota di setiap lokasi menanam minimal 500 batang, jenis tanaman bisa menggunakan jenis tanaman perkayuan, jenis Multy Purpose Tree Species ataupun tanaman mangrove,” jelas dia.
Lokasi penanaman dikatakan Sekda Ferry dilakukan di masing-masing kabupaten / kota yang lokasinya akan diusulkan oleh UPT DLHK KPH/L di Kabupaten, serta di masing-masing sekolah dari Tingkat SD, SLTP dan SLTA se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Kemudian lokasi Pemegang Izin Pertambangan, Perizinan Berusaha Pemanfaatan Hutan juga anggota Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
“Mudah-mudahan nanti dengan diskusi yang lebih teknis diperoleh masukan-masukan terkait rencana penanaman serentak Semarak Babel ini,” pungkasnya. (*)
Sumber: Dinas Kominfo