Serma Salam Gugur Dalam Tugas

oleh

PANGKALPINANG — Direktur Polisi Perairan Dan Udara Daerah Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Mochamad Zainul mengungkapkan, upacara pelarungan dan tabur bunga digelar untuk mengenang jasa para pahlawan dan pendahulu Polisi Perairan.

“Kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan, juga para pendahulu Polisi Perairan yang gugur dalam tugas, salah satunya juga di perairan Babel, yang dulunya masih gabung dengan Sumsel,” ungkap Zainul, usai Upacara Pelarungan dan Tabur Bunga yang digelar di atas Kapal Patroli Bittern 316, Kamis (25/11).

Zainul menuturkan, salah satu personil Polisi Perairan yang gugur dalam tugas adalah Serma Salam dan kawan-kawan.

Menurut informasi, saat sedang melakukan tugas patroli, Serma Salam dan kawan-kawan menemukan kapal nelayan Thailand, yang dicurigai melanggar wilayah tangkap.

Saat akan diperiksa, kapal nelayan Thailand itu nekad menabrak Speedboat Serma Salam dan kawan-kawan, sehingga pecah. Beruntung, jasad Serma Salam bisa ditemukan, satu orang selamat, namun dua rekannya yang lain hingga kini belum diketahui kabarnya.

‘Salah satu kejadiannya (personil Polisi Perairan) yang gugur dalam tugas itu di sekitar perairan Babel, waktu itu kita masih gabung dengan Sumsel. Anaknya juga jadi polisi, dan kebetulan tugas di Direktorat Polairud Polda Babel,” bebernya.

Anak dari almarhum Serma Salam yang kini jadi polisi dan bertugas di Direktorat Polairud, adalah Bripka Yuliansyah. Dia membenarkan tragedi yang dialami almarhum ayahnya tersebut.

“Almarhum ayah saya Serma Salam. Waktu patroli itu almarhum ayah saya bersama 4 orang, jaman itu patroli masih pakai speedboat. Saat patroli itu mereka menemukan kapal Thailand. Saat akan diperiksa, kapal Thailand itu malah menabrak speedboat mereka. Jasad almarhum ayah saya ditemukan nelayan, satu orang anggota TNI AL diselamatkan kapal nelayan, Serma Sianturi dan satgu korban lainnya sampai sekarang belum ditemukan,” beber Yuliansyah, seizin Direktur Polairud Polda Babel.

Upacara pelarungan dan tabur bunga dalam rangkaian HUT ke 71 POLAIRUD digelar di atas Kapal Patroli Bitern 316, diikuti Wakil Direktur Polairudda Polda Babel, AKBP Irwan Nasution, Kasubdit Patroli AKBP Andreas Purwanto, Kasubdit Gakkum AKBP Toni Sarjaka, Penjabat Kabag Bin Ops Kompol Sahbaini, para perwira dan personil Direktorat Polairud, juga Komandan dan personil KP Bittern 316. (Romlan)