PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemprov Babel, sehingga benar-benar dirasakan oleh masyarakat.
Hal itu dikatakannya saat melaksanakan pertemuan dengan seluruh organisasi perangkat daerah di Pemprov Babel terkait pelayanan publik di Ruang Pasir Padi, Kantor Gubernur, Jumat (12/5/23).
“Saya meminta agar pelayanan publik di Kep. Babel berkembang semakin baik. Ada 6 aspek pelayanan publik di antaranya kebijakan pelayanan, inovasi, profesionalisme sumber daya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan,” ungkapnya.
Suganda meminta semua pihak jangan pernah merasa cukup dengan apa yang telah dikerjakan saat ini. Ia meminta OPD harus terus berinovasi dalam melakukan pelayanan publik.
Dirinya menjabarkan beberapa OPD yang perlu dilakukan peningkatan, seperti Dinas Kesehatan, yakni kompetensi petugas layanan, dan pengelola pengaduan yang meliputi mekanisme dan tata cara, jangka waktu, pelaksanaan pengaduan diterima, hingga pelaksanaan pengaduan selesai.
Kemudian Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, mulai dari pengelola layanan pengaduan dan standar pelayanan yang meliputi ketersediaan persyaratan, ketersediaan mekanisme dan prosedur, ketersediaan jangka waktu penyelesaian, ketersediaan biaya/tarif, dan ketersediaan produk layanan.
Selanjutnya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dikatakannya yang perlu dilakukan peningkatan adalah ketersediaan kegiatan penjaminan mutu untuk pelayanan yang diberikan dan ketersediaan jumlah petugas sesuai dengan Analisis Beban Kerja.
“Sementara Dinas Pendidikan yang perlu ditingkatkan adalah ketersediaan moto layanan, pelayanan khusus, dan frekuensi pengawasan internal,” jelasnya.
Pertemuan ini diikuti oleh seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Pemprov Kep. Babel, yang juga menghadirkan narasumber dari Kepala Perwakilan Ombudsman Babel, Shulby Yozar Ariadhy. (*)
Sumber: Dinas Kominfo