BANGKA SELATANHEADLINE

Wabup Basel Sampaikan Usulan 2 Raperda ke DPRD

193
×

Wabup Basel Sampaikan Usulan 2 Raperda ke DPRD

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi menyampaikan pidato pengantar usulan 2 rancangan peraturan daerah, yakni tentang penyerahan prasanan, satana, 1 utilitas perumahan, dan anggaran pendapatan dan bela daerah tahun anggaran 2024, Rabu (15/11/23).

“Dengan bertambahnya jumlah penduduk maka bertambah pula kebutuhan untuk penunjang kegiatan, salah satunya adalah perumahan layak yang dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas umum,” ujarnya saat rapat paripurna.

Menurut dia, setiap pembangunan perumahan perlu menyediakan prasana, sarana dan utilitas yang memadai dalam rangka memberikan jaminan ketersediaan, berkelanjutan pemeliharaan dan pengelolaan, serta dilakukan penyerahan terhadap prasana, sarana dan utilitas umum dareah dari pengembang kepada pemerinath daerah.

Terkait raperda tentang APBD tahun 2024, lanjut Debby, pada tahun perencanaan dan penggaran 2024, kondisi transfer pusat ke daerah mengalami penurunan yang cukup siginifikan, terutama dari alokasi dan anggaran khusus.

Kondisi ini juga bersamaan dengan kebijakan pemerinath pusat yang mengatur peruntukan dana alokasi umum yang ditentukan penggunaan untuk kebutuhan percepatan permasalahan prioritas nasional.

“Konsekuensinya adalah peruntukan dana lokasi umum yang masih bisa gunakan terpaksa kita prioritaskan untuk memenuhi belanja wajib dulu, seperti gaji pegawai dan belanja mengikat untuk mejamin optimalisasi pelayanan publik. Tentunya hal ini harus kita patuhi dan dicermati,” imbuhnya.

Selanjutnya, untuk proyeksi pendapatan daerah pada Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau RAPBD Tahun Anggaran 2024 sebesar Rp 927.778.187.884. Sementara belanja daerah direncanakan sebesar Rp 1.010.835.903.957.

”Selain kedua raperda, kami juga menyampaikan pendapat akhir dalam pengambilan keputusan terhadap 2 raperda tentang keolahragaan dan pajak daerah dan restribusi daerah. Saya nyakin bahwa dengan niat yang baik, kita bersama-sama untuk mewujudkan Kabupaten Bangka Selatan yang lebih baik pada tahun yang akan datang,” pungkasnya. (Yusuf)


Sumber: mediaqu.id / cmnnews.id