BANGKAHEADLINE

Wabup Buka Gebyar Budaya Exotic Bangka Sport Tourism dan Cultural Festival

62
×

Wabup Buka Gebyar Budaya Exotic Bangka Sport Tourism dan Cultural Festival

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Dalam rangka memajukan Dunia Pariwisata Kabupaten Bangka, yang juga bertepatan dengan Hari Pahlawan ke 77, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka menyelenggarakan Kegiatan Gebyar Budaya Exotic Bangka Sport Tourism dan Cultural Festival, Kamis (10/11/2022).

Pemerintah Kabupaten Bangka dalam rangka pelestarian seni dan budanya menyelenggarakan festival seni budaya yang diberinama festival sekaput ancup yang memiliki arti bepergian kemana-mana. Festival ini merupakan akronim atau kepanjangan dari sepenggal karya putra putri angkat budaya dan pariwisata Bangka.

Dalam pelaksanaannya, event ini mengkolaborasikan perpaduan sektor pariwisata, kebudayaan, seni budaya daerah serta gerai UMKM. Event ini juga menggabungkan perlombaan sungailiat duatlon.

Kegiatan ini diadakan di Halaman Kantor Bupati Bangka dimulai pada tanggal 10-12 November 2022, yang akan diisi berbagai macam perlombaan seperti festival dambus, rudat, trasional dance, theater exotic bangka, band, permainan tradisional, photografi, menyanyi, melukis, barongsai dan berbagai macam lainnya.

Wakil Bupati Bangka Syahbudin, dalam sambutannya saat pembukaan acara ini mengatakan, dalam upaya pengembangan kepariwisataan tersebut tentu perlu dilakukan inovasi dan kolaborasi antar stakeholder, baik itu pemerintah daerah, pengusaha, akademisi seniman, serta para anak-anak muda yang tergabung dalam komunitas pendukung kepariwisataan.

“Even ini juga merupakan wadah yang diberikan kepada para pelaku seni budaya untuk menunjukkan eksistensinya, meningkatkan karya, cipta, rasa dan menunjukkannya kepada masyarakat luas dalam mengembangkan dan melestarikan adat budaya daerah, dan memberikan hiburan kepada masyarakat,” jelas Syahbudin.

Menurutnya, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif kebudayaan merupakan salah satu sektor penting untuk pembangunan daerah di Kabupaten bangka.

Dengan maraknya event event seperti ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Bangka sudah siap untuk menerima dan memberikan rasa aman, serta kenyamanan bagi wisatawan yang hendak datang ke Kabupaten Bangka.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Rismy Wira Madona, dalam laporannya mengatakan kegiatan ini nantinya dapat memperkenalkan kembali wisata yang ada di Kabupaten Bangka, sehingga akan banyak lagi wisatawan baik lokal maupun luar negeri untuk berkunjung.

“Untuk itu pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan selalu mendorong pelaksanaan berbagai event kepariwisataan, baik dalam hal pengembangan daya tarik wisata, pengembangan pemasaran pariwisata, pembinaan SDM, dan pelestarian adat budaya sebagai upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka,” ungkap Rismy.

Untuk memajukan minat wisatawan datang serta menumbuhkan rasa cinta budaya daerah, maka pelaksanaan exotic bangka sprot tourism dan cultural festival ini menjadi awal bangkitnya pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Bangka.

Sumber: Dinas Kominfotik