HEADLINEPERISTIWA

2 ABK KM Kencana Jaya Hilang, 3 Selamat

305
×

2 ABK KM Kencana Jaya Hilang, 3 Selamat

Sebarkan artikel ini
Foto: Ist

BELITUNG – Tiga orang anak buah kapal KM Kencana Jaya yang terombang-ambing di perairan Beting Eka, Laut Jawa berhasil diselamatkan KKM TB Tunas SS, Senin (9/9/2024).

Ketiga ABK tersebut yakni Suwandi (39), Juwair (60) dan Sanen (39) ditemukan sedang terapung di laut oleh Tugboat Tunas SS yang sedang melakukan perjalanan dari Cilegon menuju Pontianak pada Senin, pukul 19.30 WIB.

“Selanjutnya TB Tunas SS segera melakukan evakuasi ketiga ABK tersebut ke atas kapal,” kata Kakansar Pangkalpinang, I Made Oka Astawa, Rabu (11/9).

READ  Kejurda Pelajar Momentum Generasi Unggul

Menurut Oka, setelah dikonfirmasi oleh awak KKM TB Tunas SS, KM Kencana Jaya sebelumnya tertabrak oleh kapal tanker di perairan tersebut sehingga tenggelam di sekitaran perairan Pulau Seribu.

Dua ABK KM Kencana Jaya lainnya bernama Iyang (55) dan Nur Jaya (22) hilang dan masih belum ditemukan setelah kejadian tabrakan tersebut.

“Tim kita dan Kansar Jakarta melakukan pencarian terhadap kedua ABK yang hilang tapi masih belum ditemukan mengingat lokasi kejadian dekat dengan Kantor SAR Jakarta,” ujar Oka.
READ  Kompol Hary Imbau Personil Hindari Pelanggaran

Dikatakannya pada Selasa ( 10/9 ), TB Tunas SS yang berhasil menyelamatkan ketiga ABK segera mengalihkan rute menuju Tanjung Pandan karena keterbatasan logisitik di atas kapal dan memohon bantuan intercept/penjemputan terhadap ketiga korban kepada Kansar Pangkalpinang untuk menghemat waktu.

Menerima infomasi tersebut, pada pukul 22.30 WIB Kansar Pangkalpinang memberangkatkan satu tim rescue untuk mengevakuasi tiga ABK KM Kencana Jaya dari TB Tunas SS, pada koordinat 2°43’48.73″S 107°30’54.55″E yang berada di sekitaran perairan Pulau Belitung.

Untuk mengevakuasi ketiga ABK tersebut, Tim SAR Gabungan bergerak menuju titik pertemuan dengan TB Tunas SS menggunakan kapal RIB (Rigid Inflatable Boat) milik Basarnas.
READ  Komisi II Dukung Pembentukan Satpol PP Pariwisata

“Kita didukung pula oleh Tim SAR gabungan yang terdiri dari Rescuer USS Tanjung Pandan, Polairud Polda Babel, BPBD Kabupaten Belitung, Balai Kekarantinaan Kesehatan, KSOP Tanjung Pandan dan Damkar Tanjung Pandan,” jelas Oka.

Tepat pukul 01.22 WIB, Tim SAR gabungan berhasil bertemu dengan TB Tunas SS pada Koordinat 2°43’3.48″S 107°28’46.14″E, dan segera mengevakuasi tiga ABK ke RIB Basarnas. Pada pukul 01.41 WIB, proses evakuasi ketiga ABK berhasil dilakukan.

“Dan selanjutnya Tim SAR gabungan segera menuju dermaga Tanjung Pandan dan tiba di sana pada pukul 02.33 WIB. Ketiga korban dibawa ke Pos Unit Siaga SAR Tanjung Pandan dan dilaksanakan pengecekan kondisi kesehatan oleh Balai Kekarantinaan Kesehatan Tanjung Pandan,” katanya.
READ  Disambut Asisten III

I Made Oka Astawa mengucapkan terimakasih atas dukungan dan bantuan Tim SAR gabungan dan beberapa pihak yang turut terlibat dalam proses evakuasi tiga ABK KM Kencana Jaya.

“Semoga kedua korban yang masih dinyatakan hilang dapat segera ditemukan. Terima kasih sekali lagi diucapkan dan segenap unsur SAR gabungan dapat kembali kesatuannya masing-masing,” ucap Oka. (SK)

Sumber: portaldutaradio.com

Tinggalkan Balasan