APBDes Dievaluasi Per Triwulan

oleh -94 Dilihat

BANGKA — Bupati Bangka, Mulkan membeberkan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap APBDes yang sudah dikucurkan kepada setiap Desa yang ada di Kabupaten Bangka.

Hal itu dikatakan Mulkan, saat diwawancara di rumdin Camat Belinyu, usai menyaksikan penandatanganan MoU antara tim PKK Kecamatan Belinyu dan Cabjari Belinyu, Selasa (08/02) pagi. Menurut Mulkan, evaluasi itu akan dilakukan setiap 3 bulan.

” Jadi kami setiap per triwulan, akan melakukan evaluasi terhadap APBDes. Dan itulah salah satu upaya kami untuk melihat, terutama sejauh mana capaian-capaian ataupun progres yang dilaksanakan Desa-Desa,” kata Mulkan.

Mulkan mengatakan, hal ini perlu dilakukan, karena dikhawatirkan kejadian tahun 2019 lalu terulang kembali. Pasalnya, kata Mulkan, pada tahun 2019 lalu, penyerapan dana Desa itu masih dibawah angka 70 persen.

” Jangan sampai nanti terulang, sebelum tahun 2019, banyak penyerapan dana Desa itu bahkan masih dibawah 70 persen. Dan itulah yang harus kita dorong terus menerus. Ada apa sebenarnya permasalahan dan hambatan-hambatan itu? Apa sumbatan-sumbatannya seperti apa. Apakah secara regulasi ataukah secara aturan, ataupun Kepala Desa ini kurang aktif,” ungkapnya.

Disinggung masalah dana bantuan Covid 19 untuk tahun 2022, Mulkan menyebutkan anggaran itu tetap diadakan.

” Tetap dianggarkan, bahkan kami di DAU 2022 20 persen harus kita alokasikan ke penanganan Covid,” ujarnya. (Randhu)