HEADLINE

Banjir Rob Kembali Menggenangi Puluhan Rumah di Kampung Tanjung

58
×

Banjir Rob Kembali Menggenangi Puluhan Rumah di Kampung Tanjung

Sebarkan artikel ini
Banjir rob kembali menggenangi Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Rabu ( 5/1/2022 ).

BANGKA BARAT — Puluhan rumah di Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok kembali digenangi banjir rob, Rabu ( 5/1/2022 ).

Air mulai masuk ke pemukimam warga sejak pagi, saat hujan lebat mengguyur Kecamatan Muntok. Ketinggian air hingga mencapai lutut orang dewasa.

Tim Gabungan BPBD, TNI/Polri dan personel Pos AL Muntok pun turun ke lapangan membantu warga yang terdampak dan melakukan evakuasi barang – barang yang bisa diselamatkan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Bangka Barat, Ahmad Nursandi mengatakan, hujan lebat yang mengguyur Kecamatan Muntok, ditambah dengan tingginya air laut, memicu munculnya banjir rob.

“Jadi banjir rob hari ini air mulai naik pada pukul 07.00 WIB, kemudian tertinggi di pukul 09.23 setinggi lutut kaki orang dewasa. Untuk rumah yang terdampak ada sekitar 84 rumah,” jelas Sandi.

Sejumlah personel gabungan bergerak cepat membantu warga menyelamatkan barang – barang dari genangan air. Sandi mengatakan, sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun terluka.

” Kami bersama Pos TNI AL Muntok dan TNI Polri langsung mendatangi dan mengeceknya ke lokasi. Sampai sejauh ini pantauan kami tidak ada korban jiwa, warga sudah mengamankan harta benda maupun surat berharganya. Dan warga untuk selalu siap siaga,” ujarnya.

Salah seorang warga yang terdampak, Sayuti (66), mengatakan, air deras mulai masuk ke rumahnya sejak pukul 06.30 WIB hingga merendam seluruh kediamannya. Keadaan itu diperparah dengan ketiadaan persediaan sembako di rumahnya, sehingga ia dan keluarganya tidak bisa memasak. Sayuti berharap bantuan segera datang.

” Hujan deras terus dari setengah tujuh, air laut juga pasang. Keadaan rumah air masuk semua, sembako tidak ada makanan tidak ada datang, tidak bisa masak,” ucap Sayuti. ( SK )