Bawaslu Babar Minta Bantuan Tenaga ASN dan Hibah Lahan kepada Bupati

oleh -9 Dilihat
Bawaslu dan Bupati Bangka Barat, H. Sukirman berfoto bersama di ruang kerja bupati, Kamis ( 16/12 ).

BANGKA BARAT — Bupati Bangka Barat, H. Sukirman, bersama Kepala BPKAD, Abimanyu menerima kunjungan silaturahmi Bawaslu Bangka Barat di ruang kerjanya, Kamis ( 16/12 ) pagi.

Selain Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi beserta para komisionernya, hadir pula Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan dan Kepala Sekretariat Bawaslu Babel, Roy M Siagian.

Rio Febri Fahlevi mengatakan, maksud kedatangan mereka selain silaturahmi dengan Bupati, juga bertujuan meminta dukungan tenaga ASN yang akan membantu kinerja Bawaslu menghadapi tahapan Pemilu 2024.

Bawaslu juga meminta bantuan hibah lahan untuk kantornya serta kendaraan operasional. Rio mengatakan, selama ini kantor lama di Kelurahan Sungai Daeng masih ngontrak.

” Jadi hal yang penting kunjungan ini untuk tetap mendapat dukungan terkait dengan SDM yang diperbantukan di Bawaslu. Juga tentang hibah lahan karena kita butuh support Pemda untuk lahan dan juga kendaraan operasional,” ujar Rio.

Menurut Rio, Bawaslu membutuhkan ASN karena dua orang sebelumnya kini sudah mendapat promosi jabatan dan sudah dilantik oleh Bupati. Selain itu, Surat Keputusan ( SK ) kedua ASN tersebut yang dikeluarkan Bawaslu Babel dan Surat Tugas dari Bupati akan berakhir masa berlakunya pada akhir Desember ini.

Dikatakannya, secara aturan Bawaslu membutuhkan minimal 6 orang ASN dan maksimal 8 orang. Namun, bila Bupati memberikan 3 orang saja, pihaknya sudah sangat bersyukur.

” Secara formatur yang ada, menurut Perbawaslu itu ada 6, minimal 6, sebenarnya ada 8. Tapi untuk kondisi sekarang kita terfasilitasi 3 saja sudah alhamdulillah,” ujarnya.

Bupati Bangka Barat, H. Sukirman menyambut baik dan berjanji akan mensupport serta mempermudah Bawaslu untuk mendapatkan ASN, hibah lahan serta kendaraan operasional yang diminta.

” Kita akan mendukung Bawaslu dan akan mempermudah. Sama kawan – kawan lain kita kasih, masak sama kawan – kawan Bawaslu tidak dikasih,” kata Sukirman.

Bupati mengapresiasi kinerja Bawaslu dan KPU Bangka Barat yang telah berhasil membawa Pilkada 2020 lalu berjalan kondusif, aman dan lancar tanpa sengketa ke Mahkamah Konstitusi ( MK ). Menurutnya, hal tersebut tentunya harus disyukuri.

” Bersyukur di Bangka Barat pelaksanaan Pilkada kemarin termasuk bagus lah pelaksanaannya. Dan terbukti hari ini kita tidak harus ke MK kan, makanya anggaran Bawalsu ada SILPA ( Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran ) kan,” tukas Sukirman. ( SK )