JAKARTA – Meningkatnya kebutuhan akan talenta digital mendorong banyak talent ready, baik fresh graduate maupun mereka yang ingin berpindah karier, berlomba-lomba untuk beradaptasi dengan kebutuhan tenaga kerja digital.
Hal ini tercermin dari antusiasme pendaftar terhadap program corporate social responsibility (CSR) PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bertajuk SYNRGY Academy dalam kolaborasi dengan BINAR.
Program yang telah mencapai batch kelima ini menarik hampir 3.000 pendaftar yang kemudian diseleksi secara ketat menjadi 129 peserta bootcamp. Berlangsung selama enam bulan, para peserta mendapat intensive learning sejak Agustus 2022 hingga Februari 2023.
Mereka terbagi atas beberapa kelas bootcamp antara lain Quality Assurance, Full-stack Web Development, UI/UX Research & Design, Backend Java, Android Engineering, dan Cyber Security.
Direktur Operasional BINAR, Seto Lareno menuturkan, para peserta berkesempatan untuk menganalisis permasalahan yang ada di masyarakat serta mencari solusi dengan mengimplementasikan konsep project based learning dalam proses pembelajaran, sehingga peserta dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang didapat.
“Kerjasama BCA dan BINAR melalui BCA SYNRGY Academy merupakan bentuk komitmen kami dalam mengembangkan talenta digital semaksimal mungkin. Kami siap mendukung program ini dan membuka ruang bagi berbagai institusi pemerintah atau swasta yang ingin memberikan beasiswa serupa,” tuturnya.
Seto menambahkan, talent ready yang berkarakter sebaiknya ditingkatkan agar dapat bersaing di era digital dan membentuk individu yang berkarakter. Kurikulum BINAR yang dibentuk untuk SYNRGY Academy ini telah dipercaya BCA selama lebih dari 2 tahun dan telah diadopsi oleh merek terkemuka dari berbagai industri.
Selama mengikuti program SYNRGY batch ke-5, peserta mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan antara lain, pembelajaran langsung dengan fasilitator/mentor yang ahli di bidang pengembangan produk digital, skill yang sesuai dengan kebutuhan industri, model pembelajaran yang experiential learning, kurikulum terintegrasi, kelas intensif selama 6 bulan, dan berkesempatan untuk bisa meningkatkan skill non-teknis melalui sesi workshop gratis.
Selain itu, setiap peserta juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja di Grup BCA serta dibantu mendapatkan pekerjaan sebagai alumni bootcamp BINAR oleh Job Connect.
“Saat menyusun Final Project adalah waktu yang paling berkesan saya. Di masa itu, kami benar-benar melatih soft skill dan hard skill. Dengan mengikuti program SYNRGY, para siswa tidak hanya mempelajari topik yang berkaitan dengan kelas yang dipilih, tapi juga skill yang banyak digunakan saat bekerja nanti. As a big step for me sebelum melangkah ke dunia profesional,” kata Rindho Ananta, peserta kelas Full-stack Web Development SYNRGY Academy Batch 5.
Sementara itu, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn mengungkapkan, SYNRGY Academy adalah kegiatan corporate social responsibility (CSR) BCA dalam memajukan ekonomi digital Indonesia dari aspek talentanya.
“Kami harap program ini dapat menambah jumlah talenta digital dalam negeri yang kompeten dan sesuai kebutuhan industri,” pungkas Hera.
Tentang Graduation BCA SYNRGY Academy Batch 5
Program yang telah mencapai batch kelima ini menarik hampir 3.000 pendaftar yang kemudian diseleksi secara ketat menjadi 129 peserta bootcamp. Berlangsung selama enam bulan, para peserta mendapat intensive learning sejak Agustus 2022 hingga Februari 2023.
Mereka terbagi atas beberapa kelas bootcamp antara lain Quality Assurance, Full-stack Web Development, UI/UX Research & Design, Backend Java, Android Engineering, dan Cyber Security.
Pada 21 Februari 2023, setelah menjalani pelatihan intensif selama 6 bulan, 86 peserta BCA SYNRGY Academy Batch 5 akhirnya menyelesaikan programnya.
Tentang PT Bank Central Asia Tbk (per 31 Desember 2022)
BCA merupakan salah satu bank terkemuka di Indonesia yang fokus pada bisnis perbankan transaksi serta menyediakan fasilitas kredit dan solusi keuangan bagi segmen korporasi, komersial, UKM, dan konsumer.
Pada akhir Desember 2022, BCA melayani hampir 35 juta rekening nasabah dan memproses sekitar 66 juta transaksi setiap harinya, didukung oleh 1.247 kantor cabang, 18.268 ATM, serta layanan internet & mobile banking dan contact center Halo BCA yang dapat diakses 24 jam.
Kehadiran BCA didukung oleh sejumlah entitas anak yang berfokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan Syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, perbankan digital, pengiriman uang, dan pemodal ventura.
BCA berkomitmen untuk membangun relasi jangka panjang dengan nasabah, mengutamakan kepentingan bersama, dan menciptakan dampak positif pada masyarakat luas.
Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah untuk menjadi bank pilihan utama andalan masyarakat yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia. (*)