HEADLINEPEMPROV BABEL

Bunda Paud Ajak Bersyukur Dengan Konsumsi Ikan

30
×

Bunda Paud Ajak Bersyukur Dengan Konsumsi Ikan

Sebarkan artikel ini

BANGKA – Bunda Paud Provinsi Babel, Sri Utami, menceritakan awal mula kenapa ia membuat buku menu resep berbahan dasar ikan.

Hal itu disampainnya, pada acara penyerahan buku menu makanan berbahan ikan untuk anak usia dini dan buku senyum sehat anak Babel, yang dilaksanakan di Aula SMP Negeri 2 Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kamis (16/3/23).

“Buku ini dibuat karena potensi ikan di Babel itu luar biasa. Tapi ternyata di sini justru ikannya tidak menjadi menu utama, bahkan jarang jadi menu di rumah,” ujarnya.

Sri Utami mengungkapkan, ikan memiliki banyak manfaat dan gizinya. Untuk itu, ia mengajak para ibu-ibu yang hadir pada acara tersebut untuk bersyukur dengan potensi hasil laut, terutama ikan yang ada di Babel. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi ikan.

“Harusnya kita bersyukur dengan potensi ikan di sini. Apalagi ikan tersebut bisa didapatkan dalam kondisi segar. Sedangkan di daerah lain seperti di Jakarta dan lainnya, ikan segar susah ditemukan dan tidak punya pilihan lain,” kata dia.

Lalu, untuk buku yang kedua yakni Buku Senyum Sehat Anak Babel, Bunda PAUD yang kerap disapa Bunda Tami ini menganjurkan para guru dan Kepala Sekolah TK/PAUD untuk menyediakan cermin beserta tempat untuk menyikat gigi. Hal ini bertujuan untuk membentuk kebiasaan baik untuk anak-anak mengenai kesehatan giginya.

“Ibu/Bapak kalau bisa di sekolahnya disediakan cermin dan tempat untuk menyikat gigi. Jadi, setiap mau masuk kelas biar anak-anak bercermin dulu untuk melihat giginya sudah bersih atau belum? Nah, kalau belum, suruh mereka untuk sikat gigi terlebih dahulu di tempat yang sudah kita sediakan,” katanya.

Kegiatan penyerahan buku ini didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, Ervawi, yang diserahkan langsung kepada Penasehat Pokja Bunda PAUD Kabupaten Bangka, Almina Syahbudin dan seluruh Bunda PAUD Kecamatan di Kabupaten Bangka.

“Kegiatan penyerahan buku pendidikan ini sudah dilakukan ke seluruh Kabupaten/Kota di Babel. Terakhir, tanggal 20 Maret mendatang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangka Barat,” demikian Sri Utami. (*)


Sumber: Dinas Kominfo