Empat Pejabat Sekolah, Dua Pindah Tugas

Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya

PANGKALPINANG — Polda Kepulauan Bangka Belitung, menggelar upacara serah terima jabatan lima orang Direktur di lingkungan Polda Babel, dan Kapolres Bangka.

Upacara Sertijab pejabat utama dan Kapolres Bangka itu digelar di Gedung Tribrata Mapolda Babel, Senin (27/12), dipimpin langsung Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Irjen Pol Drs. Yan Sultra Indrajaya.

Pejabat Utama yang dilakukan serah terima jabatan tersebut di antaranya Direktur Direktorat Intelkam, dari Kombes Pol Daniel Victor Tobing kepada Kombes Pol Eko Budi Susilo.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus, dari Kombes Pol Harryo Sugihartono, kepada Kombes Pol Moh. Irhamni.

Direktur Direktorat Reserse Narkoba, dari Kombes Pol Ahmad Yanuari Ihsan kepada Kombes Pol Mantri Sonny.

Direktur Direktorat Lalu Lantas dari Kombes Pol Hindarsono kepada AKBP Juang Andi Priyanto.

Direktur Direktorat Polairud, dari Kombes Pol Mochamad Zainul kepada Kombes Pol Donny Adityawarman.

Kapolres Bangka, dari AKBP Widi Haryawan kepada AKBP Indra Kurniawan.

Irjen Pol Drs. Yan Sultra menuturkan, Sertijab dilaksanakan karena ada beberapa pejabat yang kena mutasi. Empat pejabat dapat kesempatan sekolah, dan yang dua dapat karir baru.

“Tentunya ini tenaga baru buat Polda Kepulauan Bangka Belitung. Mudah-mudahan dengan tambahan pejabat baru ini, ada energi baru, dan ada terobosan-terobosan atau innovasi-innovasi baru dalam melaksanakan tugas,” tuturnya.

Yan Sultra menyatakan, tidak ada penekanan khusus kepada pejabat baru, terkait penyambutan tahun baru 2022. Hal itu lantaran sudah ada rencana yang dikendalikan oleh Karo Ops, tinggal melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing.

“Kita dalam pengamanan tahun baru, beberapa titik yang menjadi atensi, terutama di pelabuhan-pelabuhan, juga titik-titik tempat keramaian seperti tempat-tempat wisata atau pun tempat-tempat hiburan, yang memang dilarang untuk melakukan kegiatan-kegiatan malam tahun baru.

Jenderal bintang dua itu mengimbau kepada masyarakat, agar melaksanakan malam pergantian tahun baru di rumah saja, merayakan bersama keluarga. Hal itu sebagai upaya membantu pemerintah dalam menghindari penyebaran Covid-19.

“Pesta petasan, dilarang untuk pesta-pesta petasan, ya? Karena kita juga harus menghormati upaya-upaya pemerintah. Dan kita tahu, bahwa Covid-19 ini ada varian baru Omicron, dan semua bergerak untuk bersama-sama mensukseskan upaya pencegahan penyebarannya,” bebernya.

Masih kata Yan Sultra, situasi Kamtibmas selama Operasi Lilin Menumbing masih aman terkendali. Hanya cuaca saja yang tidak menguntungkan.

“Jadi, harus berhati-hati! Terutama kecelakaan lalu lintas, karena jalanan juga cukup licin. Dan ada beberapa tempat ada banjir rob, tapi itu bisa tertanggulangi secepatnya, karena banjir rob ini tidak menggenang dan bisa segera teratasi,” kata dia.

Untuk diketahui, empat pejabat utama Polda Babel yang berkesempatan mengikuti Sekolah Kepimpinan Tinggi atau Sespimti, di antaranya Kombes Pol Daniel Victor Tobing, Kombes Pol Harryo Sugihartono, Kombes Pol Ahmad Yanuari Ihsan, dan Kombes Pol Hindarsono.

Kombes Pol Mochamad Zainul pindah tugas, sebagai Direktur Direktorat Polairud Polda Sulawesi barat.

AKBP Widi Haryawan juga mendapat jabatan baru, sebagai Wakil Direktur Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Kepulauan Bangka Belitung. (Romlan)