Harga Cabai Merah dan Minyak Goreng Naik

oleh

BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, mendatangi Pasar Modern Koba guna mengecek ketersediaan bahan pokok dan harga jual menjelang Natal dan Tahun Baru.

Dikatakan Algafry, menjelang Natal dan Tahun Baru ini, minyak goreng dan cabai merah mengalami kenaikan yang signifikan

“Dua jenis bahan pokok yang mengelami kenaikan adalah Cabai Merah dari 120.000 Ribu menjadi 140.000 Ribu/Kg, dan minyak goreng naik sebesar 5 persen yang tadinya hanya 18.000 Ribu, tapi sekarang menjadi 20.000/liter. Alhamdulilah, untuk harga beras, daging sapi, daging ayam stoknya masih memadai, dan sampai saat ini belum ada kenaikan harga yang signifikan,” jelas Algafry, Rabu (15/12)

Lanjut Algafry, faktor penyebab kenaikan harga cabai kecil ini dikarenakan jumlah permintaan yang begitu banyak, sedangkan kuotanya di  Bangka Tengah begitu kecil.

“Karena kita memasok barang dari luar, jadi harga yang di daerah mengikuti harga dari luar, ditambah pengaruh cuaca ekstrim akhir-akhir ini yang sedikit,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disperindagkop UMKM Bangka Tengah, Ali Imron, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi dari distributor bahwa stok bahan pokok aman sampai dengan Nataru nanti.

“Menurut informasi dari distributor sampai dengan Nataru, di Kabupaten Bangka Tengah, harga sembako lainnya masih normal dan stoknya masih aman, baik itu cabai, bawang putih dan bawang merah,” terangnya. ( Hari Yana)