HEADLINEOLAHRAGA

Ini Pecatur Babar Yang Wakili Babel di Porwil dan Pra PON

59
×

Ini Pecatur Babar Yang Wakili Babel di Porwil dan Pra PON

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT – Pecatur Bangka Barat pendulang emas di Porprov VI terpilih mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk unjuk gigi di Porwil XI Riau 2023 dan Pra PON.

Ketua Percasi Bangka Barat Saperi Kartolo mengatakan, dari 8 atlit, 2 pecatur putra Bumi Sejiran Setason masuk daftar kontingen Babel untuk berlaga di Porwil. FM Rian Kapriaga sebagai juara pertama di Porprov secara otomatis langsung terpilih.

Dan dua orang yang lolos seleksi Kejurda untuk Porwil yaitu MN Sakti Hatigoran dan MN Jauhari.

“Jadi yang untuk Porwil Rian Kapriaga, dia kan juara 1 otomatis langsung lolos. Yang kedua hasil seleksi Kejurda untuk Porwil dari 8 orang dan kita dua orang dipilih untuk seleksi dan dua – duanya lolos semua. Kebetulan juara 1 dan 2, Sakti Hatigoran master nasional dan Jauhari master nasional juga,” jelas Saperi via telepon, Minggu ( 10/9/2023 ).

Sementara itu kata dia untuk Pra PON pecatur peringkat 1 sampai 6 jebolan Porprov VI akan diambil untuk mewakili Babel. Di antaranya tiga pecatur putri Bangka Barat yang memborong habis nomor catur standar.

“Pra PON kemarin peringkat 1 sampai 6 yang diambil. Yang putri kan ini dari catur standar yang juara 1,2,3 kita ambil semua. Jadi kita otomatis lolos ke Pra PON. Mereka adalah ( MNW ) Julisa Pasaribu, ( MPW ) Lita Lizara dan Fitria Sari,” kata Saperi.

Menurut dia setelah terpilih, para atlit akan mengikuti TC yang dilaksanakan Pengprov Percasi Babel. Tapi Pengcab dan KONI Bangka Barat juga akan menyiapkan semacam pelatihan khusus bagi atlit – atlitnya secara intensif.

“Karena anak – anak kita selama ini kan seperti Rian Kapriaga yang melatihnya dari Belarusia. Maka Pra PON ini kami harapkan nanti kita pikirkan masalah biaya, kalau catur ini kan pelatihnya secara online. Termasuk juga yang putri, pelatihnya kan ( GM ) Susanto Megaranto, terus Irfan sebagai pelatihnya. Jadi akan diupayakan semaksimal mungkin,” tutur dia.

Saferi optimis pecatur putra Babel di Porwil Riau memiliki peluang meraih kemenangan karena masih di wilayah Lampung dan Palembang, khususnya di nomor beregu yang diperkuat atlit – atlit muda seperti Rian Kapriaga, Jauhari, Sakti Hatigoran, Andriyan dan Iwan Setiawan.

Terkait prestasi atlit catur Bangka Barat di Porprov VI yang berhasil mendulang 19 medali, 13 emas, 4 perak dan 2 perunggu dan keluar sebagai juara umum cabor catur sangat disyukuri Saperi.

“Alhamdulillah, itu semua perjuangan atlit – atlit kita dengan komitmen mereka konsekuen untuk pelatihan secara online. Kemarin kita dibantu oleh KONI Bangka Barat untuk pembinaan. Makanya kita bekerja sama dengan Sekolah Catur Utut Adianto untuk pembinaan secara online. Hasilnya luar biasa,” tutup Saperi. ( SK )

READ  Jalan Minim Penerangan, Pemotor Tabrak Pohon Tumbang