Kasus Positif COVID-19 di Basel Menurun

oleh -12 Dilihat
dr. Agus Pranawa

BANGKA SELATAN — Kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Selatan menunjukan penurunan dalam sepekan terakhir. Pasalnya, angka keterisian tempat ridur atau Bed Occupancy Rate/BOR jauh menurun dibandingkan beberapa pekan sebelumnya.

Plt Direktur RSUD Bangka Selatan, dr Agus Pranawa mengatakan penurunan kasus ini berdampak kepada tingkat keterisian di rumah sakit. Yang mana, keterisian tempat tidur ruang isolasi berada dalam prsentase 80 persen.

“Alhamdullilah, dalam beberapa hari ini kasus yang terkonfirmasi positif turun. Otomatis berpengaruh pada tingkat keterisian di RSUD Bangka Selatan, kalau dari awal bulan bisa 80 – 90 persen dan sekarang tinggal 22 persen,” kata Agus Pranawa dikonfrimasi Kabarbangka.com, Rabu (01/9/21) malam.

Dengan kapasitas rumah sakit yang semakin turun, dr Agus mengharapkan semakin banyak pasien yang sembuh dan semakin sedikit yang harus masuk RSDU Bangka Selatan. Dengan begitu beban di fasilitas kesehatan akan terus berkurang.

“Sampai sore tadi ada 13 pasien, biasanya di IGD ada 16 dan di bangsal ada 42 pasien. Mari kita lanjutkan momentum perbaikan situasi ini, jangan sampai gelombang perbaikan yang mulai terasa ini lalu berhenti atau malah berbalik jadi naik kembali karena kita lengah,” ujar Agus.

dr Agus juga mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi sebagai upaya perlindungan dan mengurangi fatalitas jika terpapar Covid-19. Dia menegaskan data di Bangka Selatan sebagai bukti bahwa vaksinasi bisa menurunkan risiko kematian akibat Covid-19 secara signifikan.

“Menurunnya kasus positif ini berkat PPKM dan juga adanya program vaksinasi massal yang telah digaungkan pemerintah pusat yang menjadi faktor utama menururnya kasus positif. Kami himbau masyarakat untuk segera vaksinasi, demi kesehatan dan keamanan kita bersama,” tutupnya.

Hingga Rabu (01/9/21), tercatat penurunan kasus orang sembuh saat ini 429, dibandingkan sebelumnya yang pernah di angka 832. Adapun data terbaru COVID-19 di Kabupaten Bangka Selatan yaitu kasus baru aktif : 22, pasien sembuh : 23, positif meninggal dunia COVID-19 : 2. (Yusuf)