HEADLINERAGAM

Kinerja BUMD Air Minum, Perumdam Tirta Sejiran Setason Ranking 1 Nasional

299
×

Kinerja BUMD Air Minum, Perumdam Tirta Sejiran Setason Ranking 1 Nasional

Sebarkan artikel ini
Najamuddin dan jajaran menggelar acara syukuran pemotongan tumpeng atas prestasi peringkat kinerja tertinggi BUMD Air Minum yang diraih Perumdam TSS, di kantornya, Jalan Air Terjun, Kelurahan Sungai Daeng, Kecamatan Mentok, Senin ( 26/2 ).

BANGKA BARAT – Perumdam Tirta Sejiran Setason Kabupaten Bangka Barat, meraih nilai tertinggi peringkat satu nasional, kriteria BUMD Air Minum kelompok jumlah pelanggan kurang dari sama dengan 10.000 SL.

Penilaian tersebut merupakan hasil evaluasi kinerja BUMD Air Minum dari Kementerian PUPR dan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan di bidang pengembangan SPAM dan menyusun Buku Kinerja BUMD Air Minum seluruh Indonesia.

Perumdam Tirta Sejiran Setason menempati ranking pertama mengantongi nilai 3,71, mengungguli Perumdam Kabupaten Yapen dengan nilai 3,24, Perumdam Flores Timur 3,20, Kabupaten Lamandau 3,11 dan Perumdam Tirta Lingga Kabupaten Lingga dengan nilai 3,9.

Direktur Perumdam Tirta Sejiran Setason, Najamuddin, mengatakan salah satu tujuan evaluasi kinerja BUMD Air Minum adalah untuk mengukur kinerja layanan air minum pada sistem jaringan perpipaan, mulai dari intake, unit transmisi, unit produksi, reservoar dan unit distribusi sampai ke sambungan rumah/ layanan pelanggan.

“Perumdam Tirta Sejiran Setason dikategorikan sebagai BUMD Air Minum Sehat dari 65,39% BUMD Air Minum Sehat seluruh Indonesia, dengan indikator penilaian dari aspek keuangan, pelayanan, operasional dan sumber daya manusia,” jelas Najamuddin pada acara syukuran di Kantor Perumdam TSS, Senin ( 26/2/2024 ).

“Alhamdulillah pencapaian ini sangat luar biasa dan sempurna menjadi terbaik di Bangka Belitung dan terbaik nasional. Ini pencapaian yang sangat sulit, kita bekerja siang dan malam demi pelayanan bagi masyarakat. Tapi hasilnya pun kita nikmati,” ucap Najamuddin.

Penghargaan dari prestasi itu kata Najamuddin kemungkinan akan diserahkan kepada kepala daerah ( bupati ) pada momen acara Perpamsi, yaitu pada Internasional Water Forum ( IWF) yang akan diadakan di Bali bulan Mei 2024 nanti.

Jumlah pelanggan Perumdam saat ini menurut dia berada di kisaran 6.000-an, meliputi Kecamatan Mentok, Parittiga dan Tempilang.

“Dan Insya Allah Rabu nanti serah terima SPAM Kecamatan Jebus yang baru dibangun yang diserahkan Kementerian PUPR kepada Pak Bupati dan diserahkan ke kita untuk mengelolanya,” imbuh dia.

Dengan raihan ranking satu tersebut, Perumdam TSS akan lebih memacu peningkatan pelayanan di bidang air di Kabupaten Bangka Barat. Najamuddin tidak menampik, kesulitan sumber air baku masih menjadi kendala.

Selain itu, keterlambatan pembayaran tagihan air ke pelanggan juga menjadi faktor kesulitan bagi pihaknya.

Sedangkan salah satu point untuk mencapai audit kinerja tersebut adalah pembayaran pelanggan.

“Jadi saya mengimbau kepada pelanggan kami berusaha melakukan pelayanan terbaik dari sumber baku ke rumah – rumah pelanggan yang tinggal buka keran. Tapi tolong laksanakan kewajibannya, karena pembayaran tepat waktu dan lancar itu akan membantu kelancaran perusahaan ini sendiri,” imbau dia.

Atas pencapaian itu, Najamuddin mengucapkan terima kasih kepada Bupati H. Sukirman dan jajaran Pemda Bangka Barat dengan segala dukungan yang diberikan.

Dia juga mengapresiasi jajaran Perumdam TSS yang telah bekerja keras siang dan malam sehingga capaian membanggakan tersebut dapat diraih.

“Mudah – mudahan pencapaian ini bisa memacu kita untuk menjadi lebih baik lagi dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” sambungnya. (SK)

Sumber: cmnnews.id

READ  Karya Siswa-siswi DIpajang di Tempat Meriah