HEADLINEPEMPROV BABEL

Komponen Bangsa Perlu Menjaga Stabilitas Keamanan Pilkada

×

Komponen Bangsa Perlu Menjaga Stabilitas Keamanan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Foto: Dinas Kominfo

MEDAN – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 Wilayah Sumatera di Regale International Convention Centre Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, Selasa (9/7).

Rakor ini dipimpin langsung oleh Menko Polhukam RI, Hadi Tjahjanto. Dalam sambutannya Hadi menyampaikan beberapa hal, di antaranya menekankan seluruh komponen bangsa dan negara perlu menjaga stabilitas politik, hukum dan keamanan tahapan Pilkada 2024.

Oleh karenanya, ia menekankan kepada pemerintah daerah perlu untuk mengambil langkah strategis dalam menjaga situasi tetap kondusif, dan aman di tengah suasana Pilkada 2024.

READ  4 Siswa Yayasan Khoiru Ummah Melaju ke Final Lomba Roboting
READ  Pesta Adat Murok Jerami Moment Ketahanan Pangan Desa

“Seperti meningkatkan sinergitas antara pemerintah pusat dengan daerah untuk fasilitasi penyelenggaraan Pilkada, termasuk optimalisasi peran dan fungsi Forkopimda,” ujar Hadi.

Tidak hanya itu, ia juga mengimbau untuk selalu melakukan pembinaan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional, termasuk membina kerukunan antar umat beragama, hingga adanya keselarasan langkah, dan tindakan penyelesaian permasalahan di daerah.

“Saya juga menekankan agar netralitas ASN, TNI dan Polri perlu dijaga dalam penyelenggaraan Pilkada 2024,” tegasnya.
READ  Tim Jatanras Amankan 5 Orang, Diduga Mencuri Baterai Tower
READ  Ada 4 Raperda Yang Disampaikan

Sementara Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, mengatakan pelaksanaan Pilkada 2024 mengukir sejarah baru dalam penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia.

“Saya meng-highlight bahwa Pilkada ini adalah Pilkada yang pertama kali dalam sejarah bangsa kita, karena dilaksanakan secara serentak seluruh Indonesia,” kata Tito.

Sehingga menurut Mendagri, pentingnya peran pemerintah daerah dalam memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, termasuk di Pulau Sumatera yang belum menyalurkan anggaran Pilkada 2024 dari APBD masing-masing ke KPU, Bawaslu, TNI dan Polri setempat.
READ  Suganda Apresiasi Kesiapan Satpol PP
READ  Ridwan Ingin TPI Bersih

Sebagai informasi, tercatat ada 545 daerah yang terdiri atas 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada 2024.

Terkait jumlah Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan yang selanjutnya disingkat DP4 Pilkada 2024 di wilayah Sumatera, khusus di Babel berjumlah sebanyak 1.095.201 jiwa, yang terdiri dari 556.642 laki-laki dan 538.559 perempuan. (*)

Sumber: Dinas Kominfo

Tinggalkan Balasan