Rangkaian HUT Polairud, Zainul : Kebanyakan Bakti Sosial

oleh -6 Dilihat

BANGKA TENGAH — Terbentuknya Korps Polisi Perairan dan Udara diperingati setiap tanggal 1 Desember, 71 tahun lalu.

Direktur Direktorat Polairud Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Mochamad Zainul mengungkapkan, rangkaian HUT ke 71 Korps Polairud tahun 2021 ini, pihaknya melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya donor darah, anjangsana, bersih – bersih pantai, dan banyak lagi yang lainnya.

Tahun ini, acara puncak peringatan 71 tahun Polairud akan digelar dengan syukuran, dan upacara yang mungkin akan dilaksanakan secara virtual.

“Tapi kebanyakan bakti sosial,” ujarnya, disela – sela kegiatan vaksin dan bakti sosial untuk masyarakat pesisir dan nelayan di Desa Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Selasa (9/11) siang.

Zainul menuturkan, kegiatan vaksin dan bakti sosial di Desa Batu Belubang ini sudah dua kali dilaksanakan.

“Ini lanjutan dari kegiatan vaksin yang pertama, hari ini vaksin yang kedua. Hari ini kita siapkan 600 dosis vaksin, tapi kemungkinan terpenuhi sekitar 500 saja. Karena masyarakat juga sudah banyak yang divaksin,” tuturnya.

Sejak dimulai beberapa waktu lalu, kata Zainul, sudah sekitar tujuh ribuan masyarakat nelayan di wilayah pesisir dan pulau – pulau terluar, yang divaksin melalui Program Polairud Peduli.

“Untuk menarik masyarakat agar mau divaksin, kita memberikan sembako kepada mereka. Karena dari mereka kan banyak nelayan? Kita minta dia untuk tidak melaut sehari, kita beri mereka sembako, biar mereka juga tidak kesulitan,” bebernya.

Perwira dengan tiga melati di pundak itu menyatakan, kegiatan seperti ini masih berlanjut sampai target vaksinasi terpenuhi 100 persen untuk wilayah Bangka Belitung, termasuk yang dilaksanakan oleh Satpolair Polres.

Zainul tak menampik masih ada masyarakat di pulau terluar yang belum terjamah vaksin. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinkes untuk melaksanakan vaksin ke pulau – pulau yang kecil.

“Karena di pulau – pulau yang kecil penduduknya tidak menetap. Kebanyakan dari Bangka atau dari pulau yang lain,” ujarnya.

Selain menyasar masyarakat pesisir, kata Zainul, Polairud juga melaksanakan vaksinasi mobile, yaitu melakukan vaksinasi kepada nelayan yang sedang melaut.

“Itu sudah kita lakukan. Kita menggunakan kapal Mabes, kita melakukan vaksin kepada nelayan yang sedang berlayar, atau sedang cari ikan,” kata dia.

Zainul juga memberikan apresiasi tertinggi, khususnya untuk warga pesisir yang mau dan peduli terhadap kesehatan, dan mau datang dengan ikhlas untuk melaksanakan vaksin. (Romlan)