PPS Memiliki Tanggung Jawab Besar

BANGKA SELATAN – Anggota Divisi Hukum dan Pengawasan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Deni, menyatakan anggota Panitia Pemungutan Suara yang tersebar di 50 desa dan 3 kelurahan di Kabupaten Bangka Selatan, merupakan pemimpin tertinggi di desa dan kelurahan dalam melaksanakan tahapan Pemilu 2024.

“PPS adalah pemimpin tertinggi di desa dan kelurahan. Pemimpin kepemiluan tertinggi, karena itu setiap tahapan wajib dan harus dilaksanakan,” kata Deni saat menghadiri prosesi pelantikan 159 anggota PPS di Gedung Serba Guna Parit Tiga Toboali, Selasa (24/1/2023) siang.

Dijelaskan Deni, desa dan kelurahan merupakan ujung tombak tegaknya demokrasi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karenanya, anggota PPS memiliki tanggung jawab besar untuk melaksanakan seluruh tahapan pemilu.

“Semoga menjadi pemilihan yang demokratis, bermartabat dan berintegritas sesuai dengan slogan salam KPU. Integritas 24 jam bersama KPU kita bahagia,” ujar Deni.

Deni mengingatkan bahwa ada tiga hal yang harus dipahami oleh anggota PPS. Pertama harus mengupdate dan mengupgrade pengetahuan kepemiluan, lantaran dinamika hukum pemilu dan peraturan pemilu di NKRI sangat dinamis dan cepat berubah.

Kedua dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi harus dengan cara yang luar biasa bukan yang biasa-biasa saja.

Tugas PPS, lanjutnya, selain melaksanakan tahapan pemilu, juga bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih di desa dan kelurahan. Partisipasi pemilih di Bangka Selatan harus ditingkatkan dari 75 persen pada Pemilu 2019 setidaknya 80 persen pada Pemilu 2024.

Ketiga bekerjalah secara profesional dan berintegritas. Mengingat selama 24 jam integritas penyelenggara pemilu dipantau dan diawasi oleh masyarakat.

“Bangka Selatan ini adalah laboratorium hukum penyelenggaraan pemilu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Semua permasalahan hukum dan pidana pemilu ada di Bangka Selatan seperti pada Pemilu 2019 dan juga Pemilu 2020,” jelasnya.

Namun Deni menilai, para komisioner KPU Bangka Selatan telah bekerja dengan baik, profesional dan berintegritas tinggi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi.

“Luar biasa, dan ini harus kita apresiasi atas kinerja rekan-rekan komisioner KPU beserta jajarannya,” demikian Deni. (Tom)


Sumber: cmnnews.id