Puluhan Lansia juga Bisa Khatam Al-Qur’an

oleh -7 Dilihat

BANGKA SELATAN – Ada yang berbeda dalam pelaksanaan khataman Al-Qur’an massal di Kabupaten Bangka Selatan. Pasalnya, sebanyak 24 lansia di Desa Tanjung Sangkar, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan akan melaksanakan khatam Al-Qur’an pada Minggu (19/12/21).

Ketua panitia, Samsul Bahri mengatakan, khatam Al-Qu’ran bagi lansia jemaah Majelis Taklim Miftahul Jannah itu bertujuan untuk memperbaiki kembali bacaan Al-Qur’an bagi masyarakat yang belum begitu fasih terhadap bacaannya.

“Ini yang ke sembilan kalinya kita gelar. Sebanyak 24 orang yang di khatam, semuanya laki-laki. Meski sudah tua, semangat mereka sangat tinggi untuk belajar,” ujarnya kepada inpost, Rabu (15/12/21).

Menurut Samsul, rata-rata bacaan Al-Qur’an mereka cukup fasih, walaupun ada satu dua bacaan yang terkadang belum tepat.
Namun, karena pendengar banyak yang bisa membaca Al-Qur’an, pihaknya sigap mengingatkan secara bersama-sama dengan baik.

“Mengajari orang tua dengan antara umur 60 hingga 70 tahunan memang butuh kesabaran yang ekstra. Tak jarang, di antara mereka yang belajar dari belajar huruf a, ba, ta hingga bisa khatam mengaji Al-Qur’an,” tuturya.

Kegiatan yang akan di gelar di Mesjid Al Huda Desa Tanjung Sangkar itu mendapat apresiasi oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi.

Rencananya, dia akan hadir untuk menyaksikan langsung momen tersebut. Bupati cantik ini pun menghimbau kepada lansia yang sudah khatam, supaya tetap mengaji dan mengajak keluarga mengaji bersama.

“Ya, tentunya kami apresiasi yang sangat tinggi kegiatan ini, dan semoga dapat menjadi contoh daerah lainya,” ucap Debby melalui via seluler. (Yusuf)