Kombes Donny : Itu Usaha Yang Baik

BANGKA TENGAH — Bhabin Perairan Rayon D, Bripka M. Aan Firmansyah, bersama Kasubdit Patroli Direktorat Polairud Polda Babel, AKBP Andreas Purwanto, dan anggota Subdit Patroli, melaksanakan panen perdana komoditas Jahe Maerah yang ditanam oleh nelayan pesisir Tapak Antu binaan Bhabin Rayon D, Kamis (6/1).

Budidaya jahe merah itu ditanam di lahan kosong dekat pondok di pesisir pantai pantai tapak Antu, dan telah berumur kurang lebih 10 bulan.

Dalam laporan kegiatan yang diterima redaksi, pelaksanaan penanaman jahe merah akan berlanjut oleh nelayan binaan, dan memakai bibit jahe merah yang sudah di panen bersama.

Hasil panen perdana akan dibagikan kepada masyarakat pesisir dan nelayan, untuk mencoba bercocok tanam Jahe Merah.

Direktur Polairud Polda Babel, Kombes Pol Donny Adityawarman mengatakan, budidaya jahe merah itu usaha yang baik yang dilakukan oleh Bhabin Perairan.

Dia mendorong usaha tersebut bisa diteruskan dan ditumbuhkembangkan oleh masyarakat pesisir, bekerja sama dengan Bhabin Perairan setempat.

“Jadi, Bhabin kita berupaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif, dalam rangka mendukung program ketahanan pangan untuk masyarakat nelayan dan pesisir, selain profesi mereka sebagai nelayan atau penambang timah,” ungkap Donny via sambungan ponselnya, Kamis malam.

Momentum penanaman jahe merah oleh nelayan binaan, lanjut Donny, bisa menambah perekonomian nelayan setempat disaat musim angin kencang tiba dan tidak melalut.

“Bhabin kita juga memberi semangat kepada nelayan dan masyarakat pesisir, untuk memanfaatkan lahan kosong di perkarangan rumah tinggal, agar bisa menjadi sumber penghasilan untuk keluarga,” imbuhnya. (Romlan)