Langkah Sigap Kolaborasi Tangani Inflasi

PANGKALPINANG – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, secara gamblang mengucapkan terimakasihnya kepada Kepala  Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Babel, Budi Widihartanto.

Ridwan juga menyerahkan plakat apresiasi Pengendalian Inflasi Daerah pada acara High Level Dissemination Outlook Perekonomian Bangka Belitung Tahun 2023 dan Pisah Sambut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Ruang Tanjung Kelayang, Kantor Perwakilan BI Wilayah Babel.

Penghargaan itu bukan tanpa alasan, lantaran di tahun 2022 kemarin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sempat menduduki urutan pertama nasional dalam hal inflasi. Hal ini membuat Babel sempat menjadi perhatian dan teguran tersendiri bagi Presiden RI Joko Widodo.

Dengan langkah sigap Pemrov Babel, bersama dengan stakeholder terkait, bersama-sama berkolaborasi dan bersinergi dalam hal pengendalian inflasi ini. Hingga pada akhir tahun 2022 mendapat hasil yang baik pula, Babel masuk 10 besar pengendalian inflasi terbaik nasional.

“Saya berterimakasih kepada Pak Budi, karena saat saya pertama kali datang ke Bangka Belitung, provinsi ini dalam keadaan inflasi. Saya diceritakan dan belajar banyak tentang inflasi bersama beliau,” ungkap Ridwan dalam sambutannya, Senin  (23/1/2023) malam.

Bank Indonesia Perwakilan Babel yang dipimpin oleh Budi Widihartanto, bergerak sangat cepat dalam hal pengendalian inflasi, seperti melakukan penanaman bawang merah di Kabupaten Bangka Tengah, lalu cabai merah di Kabupaten Bangka, pengadaan pasar murah, dan lainnya.

“Saya baru sadar juga ternyata Pak Budi baru setahun. Dari sini kita bisa belajar, meski dalam waktu singkat, kalau bisa berkontribusi banyak, maka kita bisa berkontribusi seperti beliau. Saya sangat kagum, di waktu yang singkat Pak Budi ini gerak cepat dalam pengendalian inflasi,” kata Ridwan memuji.

Untuk itu, Ridwan mendoakan agar Budi Widihartanto dapat lancar dan sukses dalam menjalankan amanahnya di tempat yang baru. Lalu, mengucapkan selamat datang kepada Kepala Perwakilan BI Babel yang baru, yakni Faturachman. (*)


Sumber: Dinas Kominfo