PWI Kota Bogor Ajak Warga Ikut Lomba Video

BOGOR — Menjelang puncak dari Hari Pers Nasional pada bulan Februari 2022 mendatang, yang akan dipusatkan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara. Berbagai rangkaian kegiatan diselenggarakan disetiap wilayah Kota dan Kabupaten oleh organisasi Persatuan Wartawan Indonesia untuk menyambut HPN 2022.

Seperti yang dilakukan PWI Kota Bogor dengan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan guna memeriahkan HPN 2022 seperti perlombaan Video. Perlombaan yang mengangkat potensi wilayahnya ini diperuntukkan bagi 68 Kelurahan se-Kota Bogor.

PIC Lomba Video HPN PWI Kota Bogor, Aru Prayogi menyampaikan, perlombaan video ini memang diperuntukkan bagi 68 Kelurahan se-Kota Bogor dalam rangka mengangkat potensi yang berada di wilayahnya masing-masing.

“Karena peran media sosial sudah sangat mempermudah, jadi perlombaan video yang mengangkat potensi wilayahnya, baik potensi destinasi wisatanya maupun dari segi UMKM-nya. Nanti videonya tinggal di upload di medsos baik IG dan di tag ke akun @PWIkotabogor,” ujar Aru panggilan kesehariannya.

Perlombaan Video ini, menurut Aru Prayogi tidak akan dikenakan biaya apapun alias gratis.

“Dengan ketentuan, Video yang di Upload belum pernah dibuat sebelumnya dan belum pernah dilombakan. Format video dengan durasi maksimal 3 menit,” jelasnya.

Lebih lanjut, Aru mengatakan, isi dari video tersebut harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung SARA.

Selain itu, panitia dapat mendiskualifikasi peserta dengan hasil karya yang dianggap mengandung unsur SARA atau melanggar norma serta etika.

“Karya video harus menggambarkan dan mencerikan potensi dan unggulan yang akan ditonjolkan kearifan lokalnya yang akan mengangkat citra baik dari suatu Kelurahan itu sendiri,” tuturnya.

Aru menambahkan, lokasi pengambilan video berada di dalam wilayah Kelurahan masing-masing dengan menyesuaikan tema yang ada.

Selain itu, karya video yang di upload wajib mencantumkan Judul dan tema serta deskripsi singkat. Penamaan file dengan format: (nama Kelurahan), (judul/tema Video).

“Setiap Kelurahan hanya dapat mengirimkan 1 karya video, bisa menggunakan perangkat apapun yang penting kualitas dari videonya” katanya.

Karya Video diunggah melalui Instagram Kelurahan masing-masing dan di tag ke akun @pwikotabogor dengan hastag #inilahpotensidaerahku.

“Video paling lambat di upload pada 20 Januari 2022 pukul 00:00 WIB. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada puncak acara Hari Pers Nasional 2022 pada 7 Februari di Gedung DPRD Kota Bogor dan keputusan dewan juri ialah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” pungkasnya. (*)

Sumber : PWI