Secara Kasat Mata, Kebakaran Sport Hall Tidak Pengaruhi Struktur Beton

oleh
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming di ruang kerjanya, Selasa ( 25/1 ).

BANGKA BARAT — Pasca insiden kebakaran yang melanda Sport Hall di Desa Air Belo, Kecamatan Muntok beberapa waktu lalu masih menyisakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kabupaten Bangka Barat.

Dinas Perkimhub selaku leading sector pengerjaan sarpras Porprov 2023 itu masih mengkaji dampak kebakaran terhadap struktur betonnya.

Menurut Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, bila dilihat secara kasat mata hasil temuan Disperkimhub, memang kebakaran tidak mempengaruhi kualitas struktur bangunannya secara signifikan.

” Cuma, kita tidak bisa melihat dari sisi itu, makanya kita sudah kerja sama juga dengan pihak ketiga, kita juga sedang membentuk tim nanti untuk melakukan uji lab apakah ada pengaruh kebakaran tersebut bisa mengakibatkan penurunan kualitas betonnya,” ujar Bong Ming Ming saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa ( 25/1 ).

Tapi bila kebakaran ternyata mempengaruhi struktur kualitas betonnya, menurut Wabup pihak Manajemen Konstruksi ( MK ) akan memberikan catatan – catatan terkait treatment yang harus dilakukan untuk memperkuat struktur bangunannya.

” Namun di kajian – kajian awal bisa dipastikan dari rekan – rekan Perkim itu Insya Allah tidak mempengaruhi kualitas beton, dan saya sendiri memastikan bahwa Sport Hall itu siap dipakai di 2023 untuk Porprov,” cetusnya.

Dikatakan Bong Ming Ming, pengerjaan selanjutnya akan dimulai setelah proses tender MK selesai dilaksanakan. Diperkirakan pembangunan Sport Hall akan rampung di tahun 2023 mendatang.

” Setelah itu selesai baru dilakukan MK dulu, setelah itu baru dilakukan tender untuk bangunannya mulai 2022 selesai 2023 multiyears,” ujarnya.

Terkait anggaran, menurut Bong Ming Ming hal itu masih dikaji secara mendalam, bisa berasal dari skema pinjaman, bisa juga dengan cara lain. Namun ia berharap kucuran dananya dapat dihemat dan tidak terlalu membebani APBD.

” Bangunan tetap jadi tapi kita bayar bertahap dan sebagainya, harapan kita seperti itu. Tapi sementara alhamdulillah berkat dukungan kawan – kawan DPRD kan rencana untuk pinjaman sudah disetujui. Bisa jadi minjam, bisa jadi dengan cara – cara yang lain,” tutup Bong Ming Ming. ( SK )