Suhadi Sebut Bibit Sawit Telah Disalurkan ke 15 Desa

oleh
Suhadi

BANGKA SELATAN – Ribuan bibit sawit yang di kelola Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan mulai didistribusikan kepada kelompok tani di Kabupaten Bangka Selatan.

Dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi bahwa sedikitnya sudah 15 Desa yang menerima bibit sawit.

“Untuk sementara ada di 6 Kecamatan, 15 desa dengan total 15,776 bibit dan luas 115 hektar. Yaitu di kecamatan Airgegas ada 4 desa, Payung ada 6 desa, Toboali ada 1 desa, Pulau Besar 1 desa, Tukak Sadai 2 desa, dan Lepar Pongok 1 desa,” kata Suhadi kepada Inpost, Jumat (07/01/22).

Menurut Suhadi, sedikitnya ada 12.000 batang bibit sawit yang akan dibagikan kepada masyarakat Negeri Beribu Pesona denga luas usaha perkebunan kelapa sawit kurang lebih 25 herktar. Yang mana, penerima bibit ini adalah masyarakat yang sudah diverifikasi sebelumnya.

“Penerima bantuan bibit sawit untuk program peningkatan produksi dan kesejahteraan petani ini sudah diverifikasi sebelumnya. Dan masih tersisa bantuan bibit yang belum disalurkan karena masih dalam proses, sementara untuk pupuk organik yang sudah disalurkan sebanyak 2,367,” tutur Suhadi.

Sebelumnya, meski tender bisa dimulai sejak APBD disahkan, namun hingga memasuki bulan September, progres lelang pengadaan bibit sawit dan pupuk di Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan belum dilakukan.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi membenarkan pihaknya belum melakukan proses lelang pengadaan bibit sawit dan pupuk sebesar Rp 1,5 miliar tersebut.

Menurut dia, pihaknya saat ini masih menyiapkan kelengkapan berkas dan kriteria teknis. Adapun nilai pagu lelang tersebut yaitu bibit sawit Rp 1 miliar dan pupuk Rp 500 juta.

“Menyiapkan kelengkapan berkas, kriteria teknisnya. Kalau sudah lengkap, kita lelang,” kata Suhadi dikonfirmasi Kabarbangka.com, Kamis (16/09/21).

Ketika disinggung, apakah lelang tersebut akan terealisasi sesuai target, mengingat jangka waktu pelaksanaannya telah memasuki triwulan IV ? Suhadi menegaskan, dinasnya dalam waktu dekat ini akan segera melakukan lelang, dan sasaranya untuk Desa atau Bumdes yang terseleksi dan yang sudah siap.

“Ya, Minggu depan tayang lelang selesai. Sudah di perhitungkan kok. Nanti berbarengan lelang pupuk dan bibitnya, dengan Pejabat Pembuat Komitmen yang sama” pungkasnya. (Yusuf)