Adet Terima Banyak Gagasan dan Aspirasi

oleh

BANGKA TENGAH — Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adet Mastur, kembali menjaring aspirasi konstituennya pada kegiatan Reses Masa Sidang II Tahun Sidang III di Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (9/2).

“Banyak gagasan dan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat kepada kita. Umumnya masalah ekonomi, dan salah satunya terkait sektor perkoperasian,” ungkanya.

Kepada warga yang hadir Adet menyampaikan, target ke depan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa swasembada beras dan swasembada daging.

Terkait harga lada serta karet yang dikeluhkan warga karena sedang mengalami perlambatan, serta dinilai tidak sesuai dengan harga pestisida yang terus meroket, Adet menghimbau agar warga dapat lebih bijak dalam menentukan pilihan jenis tanaman yang hendak di tanami, sehingga tidak bersifat counter produktif dengan permintaan pasar.

“Jangan kita membudidayakan tanaman yang potensi pasarnya belum jelas. Pilih komuditas tanaman yang mudah diperjualbelikan, serta memiliki potensi ekspor,” ujarnya menyarankan.

Adet juga menyarankan petani maupun warga yang hadir, agar lebih mengedepankan kreatifitas seperti membentuk usaha kecil menengah, menggunakan data-data yang tepat ketika berkoperasi, memetakan jumlah petani, pedagang maupun pengrajin, dan berjuang secara kolektif dalam mencapai hasil, menjaga kualitas panen dan produk kerajinan, serta bermitra dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan,

Adet kepada konstituen yang hadir, agar tetap melestarikan budaya asli Pulau Bangka seperti tradisi nganggung, yang kian hari terus terkikis dan menjadi langka.

“Kita sudah berada di era pasca timah. Pembangunan ekonomi kita ke depan ada di sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Oleh karena itu, lestarikan lah budaya,” demikian Adet. (*)

Sumber : Setwan